Rabu, 31 Oktober 2012

flowchart

Nama  : Yogi Hutama Kurniawan 
NIM      : 18122968 
Kelas   : 12.1L.13

Flowchart



AlgoritmaAsal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibnu Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabar w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 MDefinisi Algoritma- Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998)- Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)- Urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara: manusia memberikan perintah-perintah kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang disebut program.Alat yang digunakan untuk membuat program tersebut adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam: C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya. Dari berbagai bahasa pemrograman cara memberikan instruksinya berbeda-beda namun bertujuan menghasilkan output yang sama.Pada dasarnya terdapat beberapa algoritma yang harus dikuasai dalam pemrograman yaitu:1. Operator 

2. Input/output                        :  Bagaimana meminta suatu input dan menampilkan suatu output. 
3. Selection                 :  Bagaimana membuat program yang dapat memilih bagian yang akan dijalankan. 
4. Repetition/ looping : Bagaimana membuat program yang dapat mengulang suatu bagian program yang dijalankan.
 Pedoman-pedoman dalam Membuat FlowchartBagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Pada waktu akanmenggambar suatu bagan alir, analis sistem atau pemrogam dapat mengikuti pedoman-pedoman sebagai berikut ini. 
1. Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman. 
2. Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas. 
3. Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhirnya.
 4. Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan, misalnya: - "Persiapkan" dokumenSystems FlowchartBagan alir sistem (systems flowchart) merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.Gambar perumpamaan flowchartGambar di atas merupakan perumpamaan flowchart di mana pemikiran setiap orang dari tempat A menuju tempat B tidak selalu sama.
 Pengertian/Definisi Flowchart
 Bagan alir  (flowchart) adalah bagan  (chart) yang menunjukkan alir  (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. 
Jenis-jenis Flowchart
 Ada beberapa jenis flowchart diantaranya: 
1.  Bagan alir sistem (systems flowchart). 
2.  Bagan alir dokumen (document flowchart). 
 3.  Bagan alir skematik (schematic flowchart). 
 4.  Bagan alir program (program flowchart). 
5.  Bagan alir proses (process flowchart). ( Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain)
  1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
  1. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
  1. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
  1. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja
  1. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  1. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  1. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.





 


System Flowchart 
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem. 
Document Flowchart
 Bagan alir dokumen  (document flowchart)  atau disebut juga bagan alir formulir  (form  flowchart)  atau  paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. 
Schematic Flowchart 
Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir. Penggunaan gambar-gambar  ini  memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya. 
Program Flowchart 
Bagan alir program  (program flowchart)  merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program  (program logic flowchart)  dan bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flowchart).  Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Gambar berikut menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram. 
Process Flowchart 
Bagan alir proses  (process flowchart)  merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. 
Simbol-simbol Flowchart 
Simbol-simbol flowchart yang biasanya dipakai adalah simbol-simbolflowchart standar yang dikeluarkan oleh ANSI dan ISO. 
 Simbol/Notasi Flowchart 
Dipakai sebagai alat Bantu menggambarkan proses di dalam programDibagi menjadi tiga kelompok : 
Flow Direction Symbols
 dipakai untuk menggabungkan antara symbol yang satu   dengan symbol lainnya
 Pedoman Membuat Flowchart 
Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti: 
Contoh-contoh FlowchartContoh Flowchart Program
http://sidik-online.webnode.com/ruang-mahasiswa/logika-dan-algoritma/
bsi.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar