Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 01 November 2012

PENGERTIAN DASAR

Nama  : Dendy Darmawan
Nim     : 18123058

PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA



Tujuan Mata Kuliah Teknik Pemrograman

mengajarkan konsep-konsep dan teknik-teknik dasar pemrograman imperatif dan struktur datanya.

a. konsep dan logika berpikir komputer,

b. cara perancangan dan analisis masalah,

c. yang kemudian dipecahkan dengan menggunakan komputer menggunakan algoritma dan pemrograman terstruktur.

d. Selain itu juga diperkenalkan dan diajarkan penggunaan bahasa pemrograman (Bahasa Pascal), dan flowchart

e. mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu



Sejarah Algoritma

Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibnu Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M



Definisi Algoritma

Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah

Urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah

a. urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.

Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.

a. alur pikiran, yang artinya algoritma seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain.

b. tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.

Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.

Algoritma di butuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah

Algoritma > Pemrograman > Program

Agar algoritma dapat memerintah (diproses) komputer, maka dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).



KRITERIA PEMILIHAN ALGORITMA

1. Ada Output

2. Efektifitas dan Efisiensi

3. Jumlah Langkahnya Berhingga

4. Berakhir

5. Terstruktur

Suatu Algoritma yg terbaik (The Best): “Suatu algoritma harus menghasilkan output yg tepat guna (efektif) dlm waktu yg relatif singkat & penggunaan memori yg relatif sedikit (efesien) dgn langkah yg berhingga & prosedurnya berakhir baik dlm keadaan diperoleh suatu solusi ataupun tdk ada solusinya.“

Contoh:

Sebuah prosedur ketika akan mengirimkan surat kepada teman:

1. Tulis surat pada secarik kertas surat

2. Ambil sampul surat atau amplop

3. Masukkan surat ke dalam amplop

4. Tutup amplop surat dengan lem perekat

5. Tulis alamat surat yg dituju, jika tdk ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat tsb pd amplop surat.

6. Tempelkan perangko pada amplop surat

7. Bawa surat ke kantor pos utk diserahkan pd pegawai pos atau menuju ke bis surat untuk memasukkan surat ke dlm kotak/bis surat.

Penulisan Algoritma

Menggunakan bahasa natural (Bahasa manusia: Indonesia, Inggris)

Kelemahannya masih sering membingungkan (ambigu) / sulit dipahami.

Menggunakan Flowchart

Baik karena alur algoritma dapat dilihat secara visual, tetapi repot pembuatannya jika algoritma panjang

Menggunakan Pseudocode

Sudah dekat dengan bahasa pemrograman, tetapi sulit dimengerti oleh orang yang belum tahu pemrograman

Tahap Analisa Algoritma

1. Bagaimana merencanakan algoritma

3. Bagaimana menyatakan suatu algoritma (menulis algoritma)

4. Bagaimana validitas suatu algoritma.

5. Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.

6. Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma

Ad.1. Bagaimana merencanakan algoritma

Dengan Mendefinisikan masalah.

Contoh : Permasalahan menghitung luas lingkaran, dengan data yang diketahui adalah diameter lingkaran.

Rumus : Phi . r2 dengan Phi = 3.14 atau 22/7.

Ad.2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma (menulis algoritma)

Dengan psudocode

Suatu cara penulisan algoritma agar ide dan logika dari algoritma dapat disampaikan/diekspresikan menggunakan gaya bahasa pemrograman tertentu.

dengan flowchart / diagram alir

Program Flowchart, yaitu bagan yang menggambar-kan

urutan logika dari suatu prosedur

pemecahan masalah.

Sifat - Sifat Algoritma

Aspek Penting Algoritma :

· Finite algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas

· Definite setiap langkah didefinisikan secara tepat, tidak boleh membingungkan (ambigu)

· Input sebuah algoritma memiliki nol/lebih input sebelum dijalankan

· Output algoritma memiliki satu/lebih output, yang biasanya bergantung kepada input

· Effective setiap algoritma diharapkan memiliki sifat efektif. (setiap langkah harus sederhana dan sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal)

Langkah-langkah yang membentuk suatu algoritma dapat dibagi menjadi 3 kelompok proses:

1. Sequence Process instruksi dikerjakan secara berurutan satu persatu dimulai dari langkah pertama sampai terakhir.

2. Selection Process instruksi pemilihan proses (percabangan), sehingga apabila memenuhi persyaratan tertentu maka instruksi akan dikerjakan.

Contoh : jika pembayaran tunai diberi diskon 10%

Jika dilakukan secara kredit maka diskon 0 %.

(dalam pernyataan diatas, hanya boleh melakukan 1 instruksi dari 2 alternatif instruksi.

3. Iteration Process suatu instruksi yang dikerjakan berulang-ulang selama beberapa kali selama masih memenuhi suatu kondisi.

1. BAHASA PEMROGRAMAN

Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam Bahasa pemrogram dibedakan menjadi :

– Bahasa tingkat rendah (low level language) : bahasa yang berorientasi ke mesin.

– Bahasa tingkat tinggi (high level language) : bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris) contoh bahasa Pascal, bahasa C dll.

Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin (kenal dengan biner digit) dengan menggunakan penterjemah.

Penterjemah :

– Interpreter : menterjemahkan baris per baris

instruksi. Contoh bahasa Basic.

– Compiler : menterjamahkan setelah seluruh

instruksi ditulis. Contoh bahasa Pascal, C,

C++, dll.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar